CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Friday, April 3, 2009

Installasi debian dari network

Instalasi Debian dari Network


February 2nd, 2009. Published under Tips Linux. Comments.
Instalasi debian dari network bukanlah hal baru. Saya sudah berkali-kali melakukannya (mungkin Anda juga pernah melakukannya). Boot menggunakan cd netinstall lalu install via mirror terdekat.
Tapi cara yang saya lakukan ini saya anggap agak sedikit berbeda. Dimana perbedaanya? Dari cara bootingnya saja sih. Jadi ceritanya, saya melakukan cara ini lebih dikarenakan keterpaksaan. Saya tulis ya daftar masalahnya.
Saya tidak bisa boot dari CDROM
Di komputer tersebut (model rack server, 1U) tidak ada cdrom. Saya juga tidak memiliki cdrom spare untuk dipasang disana. Lalu satu-satunya usb cdrom yang ada di ruangan saya, tidak berfungsi.
Saya tidak bisa boot dari USB Flash Disk
Sudah berbagai cara saya coba, mulai menggunakan syslinux, lilo, grub. Semuanya gagal. Mungkin BIOS nya yang dodol!
Saya tidak mau repot-repot setup tftp boot
Tapi lucunya cara yang saya gunakan sekarang ini, ditemukan saat saya sedang mencari-cari cara untuk boot instalasi debian dari tftp server.
Sekarang saya list yang saya punya dan keperluannya:
• Server yang ada sudah terinstall linux Debian 3.1 (Sarge)
• Saya mau install ulang dengan Debian 5.0 (Lenny).
• Saya tidak mau menjalankan apt-get upgrade && apt-get dist-upgrade. Maunya clean install (salah satu alasannya mau buat struktur partisi baru).
Jadi apa yang saya lakukan?
Saya buat folder /boot/newinstall, lalu ambil dua berkas untuk instalasi via network.
• netboot/debian-installer/i386/initrd.gz
• netboot/debian-installer/i386/linux
Lalu saya sunting berkas /boot/grub/menu.lst, dan menambahkan entry seperti ini (perlu disesuaikan dengan struktur partisi/hdd Anda).
title Instalasi Via Network
kernel (hd0,0)/boot/newinstall/linux
initrd (hd0,0)/boot/newinstall/initrd.gz
Setelah itu, restart komputer. Dan pilih kernel baru untuk instalasi via network. Proses instalasi berikutnya sama dengan cara instalasi debian dari network.
Sepertinya, cara ini bakal sering saya gunakan. Karena lebih simple, tidak perlu banyak acara bakar CD segala rupa
Dimana saya menemukan artikel ini? Tidak jauh-jauh. Ya di website debian juga.

0 comments: